9 Juli 2007

Komplikasi Pencabutan Gigi (From Hartman)

JANGAN Sampai bilang bahwa hipertensi, DM, dan sejenisnya adalah kontraindikasi pencabutan gigi geligi.

Itu tuh bukan kontraindikasi, tapi suatu kondisi yang musti diperhatiin alias ga boleh maen asal cabut aja. Kalo pasiennya terkontrol, trus ada surat izin dari dokter spesialisnya bisa aja untuk dicabut.

Misal, hipertensi bisa aja buat dicabut, tapi ya pemeriksaan tensinya juga gak sekali, kan naek-turun tuh tekanan darahnya. Jadi ya 2-3 kali lah di tensinya, pake jeda waktu. Anestesi lokalnya juga bisa pake mepivacaine atao lidocain, pokoknya yang tanpa adrenalin.

Kenapa musti tanpa adrenalin? Adrenalin kan vasokonstriktor. Kalo vasokonstriktor kan ngebuat pembuluh darah mengecil. Sedangkan penderita hipertensi memiliki tekanan darah yang tinggi, berarti pembuluh darahnya dia juga mengalami tekanan yang hebat (di luar normal). Kalo si os hipertensi ini dikasih adrenalin, si pembuluh darahnya dibuat lebih mengecil lagi (otomatis memiliki tekanan yang lebih hebat lagi) akibatnya si os bakal mengalami syok.

Oh iya selain itu juga adrenalin kan menyebabkan jantung lebih banyak memompa darah (nambah deg-degan lah kasar-nya sih). Bayangin aja kalo os hipertensi dikasih adrenalin, pasti ngeleper.

Dan perlu di-inget juga, lidocaine waktu kerjanya lebih singkat skitar 15 menit sampe 30 menit. Kalo mau pake aja mepivacaine, ini waktu kerjanya lebih lama.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar