8 Juli 2007

Name Your Business

Oleh : Adhy Ganjar

Di luaran sana - di Amerika tepatnya - memilih nama merupakan ritual penting dalam bisnis. Bahkan anda akan diminta ribuan dollar (lebih tepatnya $35.000) untuk nama yg anda inginkan oleh para pembuat nama disana. Dan hasilnya pun memang sungguh memuaskan.

Yang menjadi masalah ialah bagaimana jika kita tidak mempunyai dollar-dollar td..

Tapi tenang saja, berikut sy rangkumkan resep-resep praktis para pembuat nama yg sudah berhasil mematenkan nama-nama beken dan berhasil di industrinya semisal accura, italiatour, dll.

Ada semacam panduan yang harus diikuti dan yg harus dihindari dalam menentukan nama yang cocok. Kali ini sy akan mulai dengan hal-hal yg harus dihindari atau sebaiknya dihindari. Simak baik-baik dan mulailah berpikir nama apa yg cocok untuk bisnis anda.



Alasan mengapa memakai nama personal untuk bisnis anda bukanlah hal yang bijak :
1. Emosi dr bisnis anda tidak sampai ke calon customer anda.
Siapa bilang bisnis tidak punya emosi. Brand itu emosi. Tentunya nama yummibread lebih masuk ke kepala anda bukan ketimbang nama Anton bread. Apalagi jika anda memulai dr nol dengan keterbatasan modal. Ini akan memperlambat penyampaian emosi ke calon customer anda. Buatlah nama dengan unsur yg ada pada bisnis anda agar ongkos yg anda keluarkan untuk menyampaikan brand bisa anda pangkas karena emosi-nya sudah langsung terasa sejak nama itu didengungkan.

2. Bisnis anda akan sulit berkembang
Jika ini merupakan bisnis keluarga/bisnis sekelompok orang, tak ada salahnya anda memakai nama anda atau nenek moyang anda dr satu rumpun. Pasti terlihat oke dan keren, seperti Ford motor, Hewlett-packard, Bakri group, dll.
Tapi ingat, jika anda memulai seorang diri, lebih baik anda memakai nama yg bs diterima setidaknya oleh industri anda. Misalkan anda ingin membuka toko komputer, kenapa tidak memilih nama Prolink Computer ketimbang Anton Computer. (sepertinya nama adhy ganjar bread nampak aneh didengar

3. Anda akan kesulitan menemukan tim yg tepat
Tim bisnis anda tentunya akan berpikir tentang ego mereka. Kenapa tidak? Toh anda juga berpikir tentang ego anda. Dengan memakai nama pribadi anda saja itu sudah bukti bahwa ego anda telah bermain (akan kebanggan nama pribadi). Kesulitan muncul jika anda ingin mengajak orang dgn level lebih tinggi dari anda untuk bergabung ke dalam tim. Karakter sifat manusia sungguh beragam. Ada yg sombong, ada yg gila pujian, macem-macem lah. Mungkin pak Budi yg ber-partner dengan pak anton akan lebih memilih untuk memakai nama Budi Corporation ketimbang nama Anton Corporation. Toh mereka sama-sama memulai dr awal juga.

4. Hal-hal mengenai bisnis anda akan terbawa sampai ke urusan pribadi. Jangan heran jika pak Anton suatu saat selingkuh atau kawin lari, Anton Bread akan sepi pengunjung karena ketika orang membicarakan bisnis anda, otomatis orang akan mmbicarakan kehidupan pribadi anda. Mungkin anda akan berkata, "ya tapi kan business is business. nothing personal, it's just business."
Lah, anda sendiri memakai nama dgn personal-talk.

Ingat, kebanggan anda akan nama tertentu akan punah seiring berjalannya waktu. ketika anda mati, bisnis anda otomatis tenggelam (kecuali nama anak anda dibubuhi unsur nama anda. ardi food akan tenggelam jika pak Budi ardi meninggal, kecuali ada anaknya Steve Ardi yg meneruskan).

Sudahlah, kebanggan akan nama pribadi hanya akan sesaat. terlalu bangga itu berbahaya, berdosa malah karena kelak akan mendatangkan kesombongan.
Apapun namanya, yg paling penting bisnis anda maju, berkembang, dan bertahan selama mungkin.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar